4 Cara Alami, Luka Bakar Sembuh

0
9
cara alami sembuhkan luka bakar

Luka bakar adalah salah satu jenis luka yang terjadi pada sekitar permukaan kulit, dan mungkin yang paling sering mampir di tubuh. Beberapa kondisi yang mengakibatkan luka bakar ini terjadi, mungkin karena faktor ketidaksengajaan. Tidak mungkin juga disengaja, bukan? Untuk pengobatan luka bakar sendiri, biasa dioleskan salep untuk luka bakar yang banyak dijual di apotik.

Meskipun kelihatannya luka bakar kecil (derajat 1), namun efeknya cukup terasa nyeri, perih, dan panas. Luka bakar seperti ini masih bisa diobati dengan mudah dan sederhana di rumah,. Lain halnya, jika luka bakar sudah masuk pada derajat 3 dan 4, harus dirujuk langsung ke UGD rumah sakit.

Tindakan pengobatan lebih sirus, adalah upaya untuk penanganan luka bakar yang lebih tepat, karena jika salah melakukan pengobatan, bisa jadi luka akan terus basah, bengkak, dan tidak sembuh-sembuh.

Di bawah ini ada 4 cara alami, luka bakar yang Anda derita cepat sembuh:

1. Kentang

Caranya, ambil kentang mentah, kemudian belah menjadi dua bagian. Gosokkan kentang secara perlahan ke bagian permukaan kulit yang terbakar. Diamkan, kurang lebih 20 menit saja. Getah pada sayuran ini akan membantu menghilangkan iritasi di sekitar luka.

2. Susu

Caranya, siapkan semangkuk susu krim. Oleskan atau siramkan susu krim tersebut ke bagian kulit yang luka. Susu krim dapat menenangkan kulit yang meradang karena luka bakar. Selain itu, susu juga sangat efektif sebagai bahan alami untuk tindakan perawatan setelah luka, bahkan luka lama sembuh dengan rutin mengoleskan susu di bagian bekas luka.

3. Lidah buaya

Beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa lidah buaya adalah salah satu jenis tumbuhan yang sangat efektif dalam menyembuhkan luka bakar tingkat satu. Gel lidah buaya mengandung anti peradangan yang mampu menenangkan kulit yang terbakar. Dengan lidah buaya juga, kemungukinan besar tidak akan terjadi bengkak pada luka bakar tersebut.

4. Minyak kelapa

Selain ketiga bahan alami di atas tadi, ternyata minyak kelapa juga diklaim dapat mengobati luka bakar. Kandungan vitamin E dan asam lemak, seperti lauric acid yang ada pada minyak kelapa berfungsi untuk anti jamur dan anti bakteri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here