Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari

0
31
gejala diabetes berat badan turun

Diabetes sulit dideteksi sejak awal, karena penyakit ini memberikan gejala yang samar-samar.

Diabetes melitus merupakan penyakit mematikan yang sering hadir secara diam-diam. Tak heran, dunia kesehatan menjuluki penyakit tersebut sebagai “the silent killer” lantaran gejala dan tanda-tandanya sulit dideteksi sejak dini.

Tidak dimungkiri, diabetes tahap awal memang tidak memberikan gejala berarti. Sebagaimana dikatakan oleh dr. Muhammad Anwar Irzan kepada KlikDokter, sebagian besar penderita diabetes baru benar-benar sadar akan kondisi dirinya saat penyakit sudah memasuki tahap lanjut.

Padahal, jika dicermati, diabetes sebenarnya memberikan banyak perubahan meskipun hanya tahap awal. Nah, supaya Anda lebih waspada terhadap kehadiran gejala diabetes, berikut adalah beberapa keluhan yang menjadi gejala penyakit tersebut:

  • Sering kencing dan haus terus-menerus
gejala diabetes sering haus

Sering buang air kecil, bahkan hingga terbangun di malam hari berkali-kali untuk ke kamar mandi bisa menjadi gejala diabetes tahap awal. Hal ini terjadi karena diabetes memaksa ginjal untuk menyingkirkan semua kelebihan gula darah di dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urine.

Bagaimana dengan haus terus-menerus? Gejala ini menandakan bahwa tubuh sedang membutuhkan cairan tambahan karena persediaan yang ada telah dikeluarkan bersama urine.

  • Berat badan berkurang tanpa sebab

Gula darah tinggi bisa menyebabkan penurunan berat badan secara cepat, sekalipun Anda sedang tidak menjalani diet atau olahraga rutin. Ini terjadi karena hormon insulin tidak dapat mengolah gula darah ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi. Alhasil, tubuh akan menggunakan protein dari otot sebagai bahan yang ‘dibakar’ dan diubah menjadi energi.

  • Rasa lapar berlebih

Fungsi insulin yang terganggu membuat gula darah tidak masuk ke dalam sel untuk digunakan dalam proses metabolisme. Akibat dari keadaan ini, tubuh akan mengira bahwa ‘dirinya’ belum kedapatan makanan sehingga akan mengirimkan sinyal lapar secara berulang ke otak.

  • Gangguan kulit

Acanthosis nigricans ditandai dengan menggelapnya warna kulit sekitar leher dan ketiak. Kondisi ini sering dikaitkan dengan adanya penyakit diabetes.

  • Luka lama sembuh

Infeksi, luka, dan memar yang butuh waktu lebih lama untuk sembuh dapat dicurigai sebagai gejala diabetes tahap awal. Ini terjadi karena pembuluh darah mengalami kerusakan akibat kadar gula darah yang cenderung tinggi.

Jika Anda merasakan salah satu gejala di atas, tak perlu ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan apakah kondisi yang Anda alami disebabkan oleh diabetes atau kondisi medis lainnya. Jangan abai terhadap setiap perubahan yang dirasakan pada tubuh, karena hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya suatu penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here