Ketahui Manfaat Lockdown di Tengah Pandemi Covid-19 dari SehatQ.com

0
16
manfaat lockdown

Di tengah pandemi Covid-19, beberapa negara memutuskan untuk lockdown atau karantina wilayah. di tahun 2020 hampir seluruh negara mengambil langkah tersebut demi menekan laju penyebaran virus Corona. Dengan mengunci akses masuk dan keluar suatu negara maka dirasa akan mampu mengendalikan Covid-19.

Selama masa karantina wilayah, pemerintah daerah juga membatasi berbagai kegiatan di luar rumah. Masyarakat diminta untuk tetap berada di rumah saja agar bisa lebih menjaga diri dari penularan virus. Tiongkok, China merupakan yang pertama kali menetapkan karantina wilayah. Itu karena disanalah pertama kali ditemukan kasus aktif Covid-19 yang tepatnya di kota Wuhan.

Disusul Italia yang kemudian menjadi negara eropa penyumbang kasus Covid-19 terbanyak. Italia menerapkan lockdown sangat ketat dengan menutup seluruh area publik, seperti sekolah, universitas, museum, klub malam, hingga restoran.

Tidak hanya itu, berbagai kegiatan seperti acara olahraga juga terpaksa ditunda. Italia juga memberlakukan pembatasan perjalanan. Warga Italia hanya diperbolehkan keluar dari rumah apabila ada kebutuhan mendesak seperti alasan kesehatan dan membeli kebutuhan pokok.

Kemudian disusul oleh Filipina yang mengumumkan kebijakan lockdown. Filipina menghentikan seluruh perjalanan domestik. Presiden Filipina, Rodrigo Duterte mengumumkan larangan diadakannya pertemuan yang melibatkan perkumpulan banyak orang serta larangan masuknya orang asing dari luar.

Prancis menyusul untuk melakukan karantina wilayah dengan menutup area publik termasuk Menara Eiffel,  seluruh kafe, restoran, bioskop, dan lokasi lainnya. Prancis juga melarang pertemuan orang dalam jumlah besar.

Indonesia juga menjadi salah satu negara yang ikut menerapkan karantina wilayah yang lebih dikenal dengan Pembatasn Sosial Berskala Besar (PSBB). Berbagai daerah di Indonesia menerapkan PSBB tak terkecuali Jabodetabek yang merupakan daerah penyumbang terbanyak kasus aktif Covid-19 di Indonesia.

Pemerintah menutup akses-akses umum seperti pusat perbelanjaan, tempat makan, sekolah, unviresitas dan lainnya.  Presiden Jokowi meminta seluruh masyarakat untuk melakukan kegiatan dari rumah saja. Yaitu bekerja, belajar, dan beribadah yang dilakukan di rumah. PSBB berjalan hampir kurang lebih 3 bulan lamanya.

Pemerintah juga melarang adanya kegiatan rutin tahunan mudik saat idul fitri tahun 2020. Hal itu guna mencegah orang-orang yang berada dan tinggal di ibu kota pulang ke kampung dan menularkan kepada keluarga di kampung.

Menetapkan lockdown atau karatina wilayah memang menjadi pilihan tepat di tengah pandemi covid-19. Virus Corona menginfeksi banyak orang dan merenggut banyak nyawa. Membatasi segala aktivitas untuk mengurangi kontak dirasa akan memberikan efek lebih tinggi dalam penularan. Namun saat sedang berada kondisi karantina wilayah, seseorang juga mendapatkan manfaat lainnya loh.

Berikut manfaat yang di dapat dari karantina wilayah:

1. Meredam Penyebaran Virus Corona SARS-CoV-2

Dengan berada di rumah saja bertujuan untuk menekan risiko penyebaran virus corona. Hal itu dikarenakan virus corona dapat menular melalui droplets orang lain. Berinteraksi secara langsung dengan orang lain pun bisa menjadi penyebab penularan virus corona atau SARS-CoV-2. 

2. Memperbaiki Keuangan Pribadi

Berada di rumah saja maka akan membatasi beragam rutinitas di luar rumah. Secara tidak langsung maka kondisi finansialmu akan lebih aman dan dapat diatur. Saat dirumah saja maka dapat menekan pengeluaran untuk biaya transportasi, makan, dan sebagainya.

3. Mengurangi Polusi

Selama karantina wilayah membuat banyak orang menghindari berkegiatan di luar. Secara tidak langsung memengaruhi kepadatan lalu lintas. Sedikitnya aktivitas di luar rumah dan volume kendaraan jalanan ternyata juga  membuat langit menjadi lebih cerah. Itu karena polusi udara semakin berkurang membuat langit terlhat semakin bersih.

4. Banyak Waktu dengan Orang Terdekat

Selama di rumah saja membuatmu memiliki banyak waktu bersama keluarga. Menghabiskan waktu luang bersama keluarga dirumah akan jadi momen berharga. Akan banyak kegiatan yang positif bersama keluarga seperti olahraga bersama dan lainnya. 

5. Melakukan Hobi

Selama di rumah banyak hobi yang bisa dilakukan. Banyak juga hobi baru yang bisa dicoba. Seperti musik, menulis, olahraga, seni, memasak, dan lain-lain. Selain menggemari hobi kita juga dapat mengasah kreativitas.

6. Waktu Bersantai Lebih Banyak

Waktu untuk bersantai tentu lebih banyak. Saat berbagai kegiatan dilakukan dari rumah maka kita tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan dan semacamnya. Akan banyak waktu untuk melakukan relaksasi.

Nah itulah manfaat selama lockdown atau karantina wilayah. Namun selain menikmati masa-masa di rumah saja, kamu juga perlu tetap memperhatikan situasi dan perkembangan pandemi Covid-19. Lakukanlah imbauan pemerintah untuk terus menerapkan protokol kesehatan, lihat informasi dari media-media terpercaya atau juga bisa membaca berbagai artikel kesehatan untuk menjadi rekomendasi menjaga imun tubuh selama pandemi ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here