Mengenai Info Corona Terbaru dan Cara Pencegahannya

0
210
corona

Ditengah pandemik corona yang kini telah mengguncang dunia ini begitu banyak pertanyaan oleh orang awam yang masih belum mengetahui bahayanya Covid-19. Hal yang sering menjadi pertanyaan adalah siapa yang memiliki resiko yaitu orang yang melakukan perjalanan dari wilayah terjangkit dan perawat yang menjaga pasien. penularan Covid-19 berasal dari droplets yang berasal dari mulut maupun hidung dari bersin maupun batuk yang jatuh pada benda, dan jika orang lain akan menyentuh area mulut, hidung dan mata akan mudah terinfeksi oleh karena itu jaga jarak dari orang yang sedang sakit.

Ada juga yang bertanya apakah hewan peliharaan dapat menyebarkan Covid-19 namun hal ini belum dibuktikan, hanya lebih baik tetap menjaga kebersihan setelah melakukan kontak langsung dengan peliharaan. Hingga saat ini belum terdapat vaksin untuk menyembuhkan virus dan masih dalam tahap pengembangan dan beberapa masih mendalami uji coba. Waktu tertular hingga munculnya gejala adalah masa inkubasi yang dijalani pada hari pertama hingga 14 hari dan berubah sesuai dengan perkembangan kasus. Kini pemerintah dan WHO telah mencanangkan untuk penggunaan masker termasuk untuk orang yang sehat dikarenakan banyaknya kasus ditemukan orang tanpa gejala dan sekarang ini di Indonesia orang yang tidak menggunakan masker akan dihentikan oleh polisi.

Selama adanya wabah corona ini sebaiknya jangan khawatir cemas dan stres ini mungkin wajar dialami ditengah banyaknya berita dan informasi yang beredar namun hal ini lebih baik dibatasi. Untuk itu cari informasi yang lebih akurat dan benar untuk mengetahui situasi wilayah dan ikuti beberapa tindakan pencegahan. Gejala umum Covid-19 adalah batuk kering, demam diatas 38 derajat Celcius dan sesak napas dan biasanya dialami oleh orang dari wilayah pandemi dalam waktu 14 haru sehingga perlu melakukan pemeriksaan laboratorium. Angka kematian dari Covid-19 lebih rendah dan angka yang sembuh lebih banyak, namun hal ini membuat komplikasi pada orang dengan penyakit kritis.

Paniknya masyarakat menyebabkan beberapa obat-obatan banyak habis di pasaran salah satunya antibiotik. Antibiotik tidak mampu melawan bakteri karena antibiotik hanya mampu mencegah infeksi sekunder dari bakteri. Untuk meredakan gejalanya adalah segera mengunjungi rumah sakit rujukan jika memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri atau wilayah pandemi dalam waktu 14 hari dan pastikan tidak melakukan kontak fisik secara langsung dengan orang lain.

Berikut adalah cara untuk mencegah penyebaran Covid-19 diantaranya:

  • Rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik, membersihkan hingga ke bagian sela jari dan ujung kuku, menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60%.
  • Melakukan physical distancing yang membuat jarak antar orang lain adalah 1 hingga 2 meter karena jarak dekat memiliki resiko tinggi untuk menghirup tetesan dari mulut dan hidung orang lain.
  • Jika tangan dalam keadaan kotor sebaiknya tidak memegang area mulut, hidung dan wajah karena virus dapat menempel pada tangan dan masuk melalui selaput lendir.

Selain itu untuk mencegah virus corona sebaiknya melakukan etika batuk dan bersin. Dengan cara menggunakan siku atau tisu ketika batuk dan bersin serta tidak menyentuh area permukaan benda. Jika merasakan tubuh yang sedang tidak sehat sebaiknya tetap berada dirumah untuk menurunkan penyebaran virus. Jika ada permukaan barang di rumah yang sering dipegang sebaiknya sering dibersihkan menggunakan disinfektan yang ampuh dalam membunuh virus pada permukaan benda mati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here