Mengulas 6 Macam Komponen dalam Radiator Mobil Beserta Fungsinya

0
Radiator mobil.
Radiator mobil.

Joshuanoerr.com, Komponen yang ada dalam sebuah kendaraan pada dasarnya memang sama dengan sebuah smartphone, dimana dalam penggunaannya akan mengeluarkan panas, semakin lama dipakai maka akan membuat suhunya kian naik, jika tidak segera didinginkan tentu akan memicu terjadinya kerusakan atau yang lebih dikenal dengan istilah overhead, suhu yang melebihi batas maksimum sehingga menyebabkan mobil mati, bahkan tak jarang juga diantaranya yang memicu terjadinya resiko kebakaran. Hal inilah yang kemudian membuat setiap mobil dipasangi dengan radiator mobil.

Radiator mobil.
Radiator mobil.

Seperti yang diketahui bahwa fungsi utama alat yang satu ini tak lain adalah dipakai untuk mendinginkan suhu mesin sehingga dapat mencegah terjadinya overhead. Bagian ini tergolong sangat vital, itulah mengapa harus selalu dicek kondisinya. Jika ternyata ada masalah maka wajib untuk segera menggantinya dengan yang baru, jika tak ingin masalah yang lebih serius terjadi pada mobil Anda. Waktu penggantiannya sendiri umumnya juga terbilang rutin.

Radiator mobil.
Radiator mobil.

Sebelumnya wajib untuk mengetahui komponen atau bagian-bagian dari radiator mobil ini beserta fungsinya masing-masing, diantaranya adalah:

  1. Upper tank, bagian yang satu ini terdiri dari sebuah penampang yang cukup besar, sehingga dapat dipakai menampung air dalam jumlah yang banyak, baik itu cairan pendingin atau coolant, hingga untuk menampung cairan atau air panas yang dikeluarkan oleh mesin mobil. Bentuknya memanjang di bagian paling atas.
  2. Radiator core, bentuknya kecil memanjang, namun tak hanya ada satu buah, melainkan ada banyak, berada pada posisi antara upper tank dan juga lower tank atau di tengah-tengahnya, fungsi dari radiator core ini sendiri digunakan dalam menyalurkan air atau susu panas yang di keluarkan oleh mesin kendaraan tersebut. Biasanya hanya digunakan sebagai perantara saja cairan yang masuk kedalam radiator.
  3. Sirip radiator, bagaimana caranya panas bisa dengan mudah keluar dari kendaraan atau membuatnya kembali dingin seperti semula? Mungkin inilah pertanyaan banyak orang, sebenarnya tak lain karena pengaruh bagian yang satu ini, yaitu sirip radiator yang nantinya digunakan untuk mempercepat pelepasan panas ke udara, membuat suhu dalam kendaraan berangsur-angsur turun atau menjadi lebih dingin.
  4. Lower tank, ini adalah bagian paling bawah dari komponen radiator, setelah upper tank dan juga radiator core nantinya ada lower tank yang akan menampung cairan pendingin, yang tentunya didapatkan dari proses cooling sebelumnya, komponen ini sangat berfungsi digunakan untuk menyerap panas yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut.
  5. Drain plus, komponen yang satu ini nyatanya juga memiliki fungsi yang tak kalah vital, diantaranya adalah dipakai untuk menguras air pendingin yang sudah didapatkan dari proses sebelumnya, sehingga kian mudah untuk mengganti atau mengisinya dengan yang baru, jika kondisinya sudah keruh.
  6. Radiator cap, seperti namanya alat yang satu ini memang dipakai sebagai penutup dari radiator tersebut, sehingga membuat tekanan yang ada di dalamnya tetap stabil, begitu juga digunakan untuk memudahkan dalam menguras maupun mengisi cairan radiator yang sudah habis nantinya. Tanpa penutup ini biasanya cairan akan lebih mudah menguap.

Biasanya kerusakan radiator mobil sendiri terjadi pada salah satu komponen tersebut, sehingga harus tau gejala terjadinya kerusakan, pastikan juga untuk segera menggantinya menggunakan yang baru jika terjadi masalah. Onderdil kendaraan yang satu ini nyatanya dapat dengan mudah dibeli di pasaran dengan harga terjangkau, pilihan sebenarnya bervariasi tergantung kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here